Selasa, 30 Oktober 2012

Sejarah Kacang Hijau


 Sejarah Kacang Hijau ( Vigna radiata )

         Kacang hijau adalah tanaman pendek bercabang tegak.  Bunganya ada yang kuning kehijauan atau kuning pucat.  Dari bunga itulah terbentuk Polongan yang berisi mulai dari 10 hingga mencapai 15 biji kacang hijau
Suku : Leguminoceae
Kandungan dan manfaat : Kacang hijau mengandung banyak protein, vitamin B, A dan E.  Selain itu juga melancarkan buang air besar dan menambah semangat.
   Kacang hijau merupakan salah satu tanaman Leguminosae yang cukup penting di Indonesia.  Sampai saat ini perhatian masyarakat kurangnya perhatian ini di antaranya disebabkan oleh hasil yang dicapai per hektarnya masih sanagat rendah.
         Tanaman kacang hijau diduga berasal dari kawasan India dan telah lama dikenal sebagai tumbuhan kacang dan ditanam oleh para petani di Indonesia.  Kacang hijau memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan tanaman kacang-kacangan yang lain yaitu :
1.    lebih tahan terhadap kekeringan
2.    hama dan penyakit relative sedikit
3.    panen relative cepat, pada umur 55-60 hari
4.    cara tanam dan pengelolaan dilapangannya serta perlakuan pasca panen relative mudah
5.    kegagalan panen total relatif kecil
6.    harga jual tinggi dan stabil
7.    dapat dikonsumsi langsung dengan pengolahan yang mudah.
            Pengembangan kacang hijau pada lahan kering harus disesuaikan dengan pola tanam setempat.  Karakteristik kacang hijau pada lahan kering akan ditanam pada musim kemarau sesudah komoditas utama, yaitu padi gogo atau jagung.  Kacang hijau ditanam sebagai tanaman ketiga untuk lahan kering beriklim basah dengan pola padi gogo-jagung-kacang hijau, padi gogo-kedelai-kacang hijau, atau jagung-kedelai-kacang hijau.  Pada lahan kering beriklim kering ditanam dengan pola: jagung-kacang hijau, dan/atau kacang tanah-kacang hijau.
            Kacang Hijau (phaseolus radiatus Linn) dapat digunakan untuk mengobati desentri.  Daunnya berbentuk segitiga bersirip dan bunganya berbentuk kupu-kupu dengan biji berkulit hijau ini memiliki kandungan amylum, besi, belerang, protein, lemak nabati, kalsium, magnesium, mangaan, niasin, vitamin A, B1 dan B2.  Untuk mengobati desentri hanya dengan cara dibubur dan makan, diikuti dengan makan 2 butir telur ayam yang dipindang serta minum air hangat. lakukan 2-3 kali sehari secara teratur.  Selain itu kecubung juga dapat digunakan sebagai pereda pegal-pegal yang diderita pada otot-otot tubuh kita, hanya dengan menumbuk daunnya dan dibalurkan kedalam bagian otot yang terasa pegal.  Beberapas aat kemudia rasa sakit itu akan segera berkurang.Kecubung atau Daturametel adalah tanaman yang banyak mengandung alkaloid atau zat racun yang terkombinasi dari hyosiamin (tiamin) dan skopolanum.  Zat ini terbanyak didapat pada biji dan akarnya.

2 komentar: